Cara Atasi Aplikasi Force Close Pada Android

Cara Atasi Aplikasi Force Close Pada Android

Ceca-onlineCara Atasi Aplikasi Force Close Pada Android – Saat aplikasi mengalami force close, biasanya ponsel akan memunculkan pesan error atau pesan notifikasi bertuliskan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, “Unfortunately, app has stopped”, “not enough memory”, “not responding”, “Sayangnya, … process telah berhenti”, dan lainnya. Sebagian juga tidak akan memunculkan notifikasi apa pun, hanya force close tanpa bisa tahu penyebabnya apa.

Nah artikel kali ini akan membahas tentang Force Close. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia Force Close itu artinya dipaksa berhenti. Dalam hal ini sebuah aplikasi di Hp android yang sedang di gunakan akan secara paksa diberhentikan oleh sistem android dengan alasan tertentu.

Untuk yang sedang mencari informasi mengenai android yang sering mengalami force close atau terpaksa berhenti ketika membuka aplikasi tertentu. Maka simak ulasan Kiat Mengatasi Aplikasi Force Yang Sering Close berikut.

Cara Atasi Aplikasi Force Close

Atasi Aplikasi Force Close Pada Android

Yang harus kamu tahu sebelum membahas mengenai Aplikasi Force Yang Sering Close ini yaitu cari tahu mengenai apa penyebab Force Close ini. Kemudian cari tahu juga cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca ini : Cara Gunakan Todaystopfans Byspotify com

Berikut kiakan dita uraikan kemungkinan yang menyebabkan Android mendadak Force Close:

  • Tidak hati-hati bahkan sembarangan saat menginstal aplikasi
  • Aplikasi yang di instal masih dalam tahap uji coba
  • Aplikasi yang di instal bisa juga terus ter update
  • Ada kemungkinan CPU dan RAM kita terlalu penuh
  • Bisa jadi Kernel dalam Hp mengalami error
  • Kemungkinan File pada aplikasi kalian corrupt
  • Launcher di aplikasi yang kurang sesuai
  • Aplikasi yang mengalami force close sudah di pastikan aplikasi itu tidak sesuai dengan versinya.

Nah Jangan bingung jika Android kamu mengalami masalah Force Close ini Hal yang harus di lakukan pertama-tama adalah sebagai berikut:

Bersihkan Cache Aplikasi

Bersihkan Chace pada aplikasi android, chace adalah proses yang di gunakan aplikasi ataupun browser untuk menyimpan informasi. Pada saat menghapus Cache itu berarti kamu sedang memperbaiki masalah tertentu pada aplikasi yang ada di Android. Cara menghapusnya itu cukup mudah simak cara yang di ulas berikut:

  • Pilih Setting pada Smartphone
  • Lalu pilih Application Management
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin di bersihkan cache-nya.
  • Dan pilih Clear Cache.
  • Dengan melakukan langkah-langkah ini, masalah force close bisa di atasi. Namun, jika masih bermasalah juga, maka bisa pilih dan menghapus Clear Data gunanya untuk menghapus semuanya, lalu masuk kembali ke aplikasi tersebut dan coba.

Install Ulang 

Langkah ini bisa di pilih jika aplikasi android kamu sudah sangat tidak normal dan tidak bisa berjalan dengan baik, maka bisa melakukan instal ulang.

Caranya cukup mudah hanya perlu menginstal aplikasi yang di rasa bermasalah saja. Kamu bisa akses menu setting dan pilih aplikasi yang ingin di gunakan. Selanjutnya, tinggal cari aplikasi yang sama di Google Play Store dan menginstalnya kembali.

Lakukan Restart

Restart menjadi cara paling mudah yang bisa di lakukan. Namun aplikasi Android kamu masih mengalami force close. Dan juga bisa melakukan factory reset.

Cara ini mudah hanya perlu menekan sedikit lama tombol trun off di smartphone android kemudian pilih Restart.

Factory Reset

Factory reset yaitu cara dimana smartphone akan kembali pada mode pabrik dengan kata lain kamu akan kehilangan semua data pada smartphone, data itu termasuk akun, musik, Video, gambar, Aplikasi, dan berbagai file lainnya akan dihapus permanen.

Nah sebelum melakukan factory reset, maka harus melakukan backup data terlebih dahulu supaya data-data tidak hilang setelah melakukan factory reset ini. Melakukan factory reset ini cukup mudah, hanya perlu pilih menu setting, lalu tinggal pilih factory reset saja.

Baca juga : 5 Aplikasi Browser Anti Blok Terbaik Untuk Android

Nah, demikian bahasan mengenai Atasi Aplikasi Force Yang Sering Close. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab aplikasi terjadi force close, jadi anda harus teliti dalam mencari solusinya. Selamat mencoba, and see yaa…

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *